Tips Memilih Susu Untuk Ibu Hamil

Tips memilih susu untuk ibu hamil penting karena nutrisi yang ada dalam susu diperlukan oleh ibu hamil. Sebab saat hamil wanita membutuhkan asupan nutrisi lebih baik secara kualitas maupun kuantitas untuk memenuhi kebutuhan dirinya sendiri dan perkembangan janin yang dikandungnya. Slah satu nutrisi yang penting adalah susu untuk ibu hamil. Ya, ibu hamil biasanya mengalami susah makan dan tidak selera makan. Hal ini terjadi karena adangya perubahan secara hormonal dan biologis alam tubuh ibu hamil. Susu untuk ibu hamil dinilai tepat untuk mengatasi masalah ini dan mendukung kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan susu memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti kalsium, protein, dan zat besi.

Susu untuk ibu hamil biasanya diramu khusus dengan ditambahkan kandungan nutrisi lain agar nutrisi dalam susu lebih lengkap dan kompleks. Beberapa nutrisi itu berguna untuk perkembangan fisik dan otak bayi dalam kandungan. Jadi jangan salah pilih susu untuk ibu hamil karena wanita hamil perasaan dan tubuhnya lebih sensitif dari biasanya sehingga peka terhdap perubahan dan gangguan sekecil apapun.

Dalam memilih susu untuk ibu hamil pertama yang harus anda perhatikan adalah riwayat alergi wanita yang akan mengonsumsi susu tersebut. Hindari susu yang mengandu zat-zat alergi. Yang kedua adalah perhatikan kandungan gizipada susu apakah cukup lengkap atau tidak. Ketiga adalah perhatikan varian rasa yang ditawarkan, belilah varian rasa yang disukai orang yang mengonsumsinya sehingga tidak ada kesulita menyuruh ibu hamil meminum susunya.

tips-memilih-susu-untuk-ibu-hamil

Tips Memilih Susu Bagi Bumil (Shutterstock)

Selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah hal-hal teknis yang dasar sebagi konsumen seperti perhatikan keadaan kemasan, tanggal kadaluarsa an tempat anda membeli susu tersebut. Jangan sampai ibu hamil mengonsumsi susu yang kadaluarsa atau dengan kemasan rusak. Sebab susu adalh jenis makanan yang renan diserang bakteri. Susu untuk ibu hamil sejatinya berguna untuk menyehatkan wanita yang sedang hamil dan memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu dan bayi. Hal-hal teknis sebagai konsumen ini untuk menghindari keluarga anda dari hal yang tidak diinginkan. Jadilah konsumen yang cerdas.

Pentingnya Asupan Gizi Untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah hal yang didamba-dambakan setiap pasangan menikah khususnya mereka yang baru menikah atau sudah lama menikah namun belum memiliki momongan. Salah satu hal yang penting dalam kehamilan adalah asupan gizi untuk ibu hamil. Pada dasarnya asupan gizi itu penting bagi setiap orang dan tidak terbatas hanya untuk ibu hamil. Saat tidak mengalami kehamilan seorang wanita juga butuh asupan gizi seimbang. Namun saat kehamilan asupan gizi ini menjadi lebih penting dan harus diperhatikan. Diantara anda mungkin menganggap hal ini terlalu berlebihan sebagai hasil sudut pandang orang yang memanjakan kehamilan. Namun faktanya hal ini bukan karena memanjakan wanita yang sedang hamil.

Saat hamil seorang wanita membawa satu organisme dalam tubuhnya. Janin yang dikandung wanita yang sedang hamil walaupun belum terlahir di dunia namun membutuhkan nutrisi untu perkembangannya. Asupan gizi dan nutrisi ini penting dan urgent sekali untuk janin dapat berkembang secra normal. Sel-sel janin membutuhkan energi besar untuk membelah diri dan berderivasi menjadai bentuk tubuh dan fungsi yang khusus. Perkembangan otak janin membutuhkan energi dan asupan gizi yang cukup agar dapat berjalan secara optimal. Sementara janin tidak mampu mencerna sendiri makanan untuk memenuhi kebutuhan energi dan nutrisinya. Janin mengandalkan asupan gizi dari ibunya maka dari itu keperluan asupan gizi untuk ibu hamil lebih banyak dari yang biasa dia butuhkan.

Baca juga :

Sementara itu ibu hamil juga secara fisik dibebani oleh berat tubuh bayi yang dikandungnya. Kecemasan akan bayinya juga mengakibatkan ibu hamil lebih berfikir keras dan mempergunakan energi ekstra lebih banyak. Selain itu perubahan hormonal dan fisik yang terjadi pad ibu hamil menimbulkan ketidaknyamannan ibu hamil sehingga mengganggu waktu istrahat ibu hamil.

Sehingga jika diakumulasikan energi yang dikeluarkan ibu hamil mengalami pertambahan untuk konsumsi energi beban fisik yang ia bawa, pikiran yang selalu berfikir mencemaskan bayi dan waktu istrahat berkurang dan berjaga lebih panjang. Untuk itu asupan gizi untuk ibu hamil menjadi penting. Secara kuantitas akan lebih banyak dan secara kualitas harus lebih baik. Gizi seimbang dan kompleks akan mendukung kesehatan ibu dan ank yang dikandungnya.

Tags: