Perbedaan Mual hamil Atau Masuk Angin

Banyak wanita muda yang baru menikah kurang tahu ciri awal masa kehamilan, terutama apa perbedaan mual hamil atau masuk angin. Sehingga tak heran banyak diantara mereka salah mengira bahwa dirinya sedang hamil, padahal sebetulnya hanya terkena masuk angin saja atau malah sebaliknya dimana anda kira mual masuk angin padahal sedang mual karena sedang hamil.

Karena mungkin masih baru atau kurang pengalaman atau malah karena enggan mencari sendiri terkait informasi kehamilan, sehingga tidak heran banyak wanita sulit membedakan antara mual hamil atau masuk angin untuk masa kehamilan awal.

Pada zaman kini, banyak informasi kehamilan yang sebetulnya dibutuhkan oleh kaum wanita, sehingga wanita perlu pro aktif membaca informasi kesehatan wanita. Untuk itulah kali ini kami memperjelas hal-hal yang sering ditanyakan kaum wanita yaitu apakah mual karena hamil atau malah cuma terkena masuk angin saja.

Perbedaan Mual Hamil Atau Masuk Angin

Mual hamil atau cuma masuk angin ya? (Gambar istock)

Sebenarnya, gejala antara mual hamil dengan mual karena masuk angin itu hampir sama sehingga sulit dibedakan. Istilah kerennya beda 11 dan 11 saja. Mirip tetapi tidak sama, karena perbedaanya sangat tipis sekali.

Namun demikian, jika kita memperhatikan sistem tubuh wanita, ada beberapa ciri-ciri yang menjadi perbedaan mual karena hamil versus wanita mual karena terkena masuk angin.

Ciri-ciri Mual Karena Hamil

Nah berikut ini ciri yang pada umumnya dirasakan ketika seorang wanita sedang menjalani masa kehamilan awal:

  • Hormon tidak stabil sehingga mempengaruhi saluran pencernaan dalam tubuh seorang wanita yang sedang hamil.
  • Kejadiannya hanya ada pada masa-masa kehamilan awal.
  • Sangat sensitif terhadap aroma atau bau-bauan.
  • Rasa mual yang berkepanjangan selama kurang lebih 3 bulan.
  • Pada umumnya mual muncul ketika pagi atau malam.
  • Selain mual, anda juga sering merasa lemas, capek, dan lelah.

Ciri- Ciri Mual Karena Masuk Angin

Sedangkan ciri-ciri wanita mual karena hanya terkena masuk angin dan bukan karena hamil, yaitu:

  • Karena akumulasi angin yang masuk berlebihan dalam tubuh sehingga mempengaruhi saluran pencernaan.
  • Dapat terjadi kapan saja baik pada masa-masa kehamilan pertama maupun tidak.
  • Tidak sensitif terhadap aroma maupun bau-bauan, sebagaimana halnya dengan wanita hamil.
  • Mual berhenti ketika anda sudah minum obat masuk angin, sehingga tidak berkepanjangan selama kurang lebih 3 bulan seperti yang dialami oleh ibu hamil.
  • Mual bisa terjadi baik pagi, siang, sore, maupun malam.

Sekarang anda sudah tahu apa perbedaan mual hamil atau masuk angin saja. Namun demikian, untuk memastikan apakah anda sedang hamil muda atau tidak lakukan test pack dan berkonsultasilah dengan dokter sehingga diperoleh tes kehamian yang akurat.

Baiklah sampai disini pembahasan tentang apa yang menjadi perbedaan mual hamil atau masuk angin. Semoga penjelasan tersebut diatas dapat memperjelas keingintahuan anda tentang mual karena hamil atau cuma masuk angin saja.

loading...