Mencari Penyebab Susah Hamil Yang Sering Terjadi

Memiliki keturunan adalah dambaan bagi setiap manusia di dunia, apalagi pasangan suami istri yang baru saja menikah. Tidak ada keinginan atau impian yang lebih indah dari memiliki seorang anak, karena anak merupakan generasi penerus kita. Namun terkadang, keinginan tidak sejalan dengan kenyataan. Ada orang yang segera bisa hamil, ada pula yang susah sekali untuk hamil. Hal ini dikarenakan kondisi setiap orang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sangat penting bagi pasangan suami istri mengetahui penyebab kenapa sang istri belum juga mengandung. Jika kita mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, tentu hal itu akan mempermudah kita untuk mencari solusinya. Kali ini, saya akan membahas mengenai mencari penyebab susah hamil yang sering terjadi, berikut penjelasannya.

Penyebab Susah Hamil

Apa ya penyebabnya mau hamil ko susah amat?

1. Terjadinya Menopause dini
Menopause dini ini menjadi salah satu penyebab susahnya hamil. Manopous dini ini bisa terjadi kepada siapa dan kapan saja. Kondisi seperti ini bisa terjadi jika menstruasi berhenti sebelum seorang perempuan berusia 40 tahun, karena biasanya manopouse terjadi diatas usia 40 tahun. Dan tentunya hal ini sangat tidak normal, perempuan harus selalu memperhatikan siklus haidnya. Gejala manopause dini yang biasanya timbul, yaitu seperti vagina terasa kering, hot flashes, dan cepat marah atau tersinggung. Perempuan dengan kondisi ini memang sangat sulit sekali untuk hamil. Dengan menjaga pola hidup yang sehat dapat mencegah terjadinya manopause dini.

2. Terjadinya Anovulasi
Anovulasi yaitu  tidak ada sel telur yang dilepaskan dari ovarium, dan kondisi  inilah yang biasanya bisa menyebabkan 40%  kemandulan pada perempuan. Tentu kita harus segera mengatasi masalah ini, agar tidak mengganggu jalannya program kehamilan yang sedang kita lakukan. Biasanya cara mengatasi masalah ini yaitu dengan mengkonsumsi obat induksi ovulasi. Tetapi  alangkah lebih baiknya jika kita periksa ke dokter dan meminta resep obat kepada dokter. Agar masalah ini bisa tertangani dengan tepat.

3. Adanya Sindrom Ovarium Polikistik
Sindrom ovarium polikistik adalah salah satu penyebab susah hamil yang berikutnya, yaitu adanya gangguan  hormon di dalam tubuh kita. Gangguan hormon ini bisa menurunkan kemampuan ovarium untuk matang dan melepaskan telur ke tuba falopi. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mengatur pola hidup yang sehat, atau dengan periksa ke dokter juga.

4. ketidak suburan pada pria
wanita sulit hamil itu bisa disebabkan oleh banyak hal, terkadang tidak hanya wanitanya saja yang bermasalah atau tidak subur, tetapi kemungkinan besar masalahnya ada di pria. Meskipun ketidaksuburan ini kebanyakan dialami oleh wanita, tapi tidak menutup kemungkinan hal ini dikarenakan oleh sang pria. Sebelum perempuan mencari cara pengobatan kesuburan yang tepat, alangkah baiknya jika sang pria  melakukan test kesuburan juga, biasanya test ini dilakukan dengan mengetes air mani pria terlebih dahulu, untuk mengetahui apakah sel sperma sanggup masuk ke dalam rahim atau tidak.

5. Cadangan/jumlah ovarium yang rendah
Kondisi ini dihubungkan dengan menurunnya jumlah dan kualitas sel telur. Test yang biasanya mendeteksi kadar hormon bisa menentukan apakah pengobatan kesuburan dibutuhkan. Oleh sebab itu disarankan agar pasangan memeriksakan ke dokter, sehingga bisa mendapatkan petunjuk pengobatan yang tepat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab susah hamil yang sering terjadi di sekitar kita, sehingga dengan demikian para pasangan suami istri bisa mencari solusi yang tepat untuk masalah program kehamilannya, semoga bermnafaat.

loading...

Add Comment