Kenali Jenis-jenis Makanan Pemicu Alergi Anak

Bagi banyak orang, alergi merupakan suatu hal buruk yang mengganggu aktivitas harian. Tentunya bentuk dari alergi anak  bermacam-macam. Ada yang berupa gangguan kulit dan juga gangguan kesehatan pada tubuh. Tentunya banyak hal yang menyebabkan terjadinya alergi ini khususnya pada anak. Salah satu pemicu adanya alergi ini adalah makanan. Tahukah anda bahwa jenis makanan tertentu menyimpan sebuah alergen yang dapat memicu alergi anak? Padahal makanan yang ada saat ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain sebagai sebuah asupan gizi, makanan ini juga memberikan energi untuk menjalani aktivitas harian. Namun anda dapat melakukan sebuah tindak pencegahan terhadap alergi tersebut dengan menghindari makanan-makanan yang berpotensi memicu hal tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa jenis makanan yang berpotensi menyebabkan terjadinya suatu alergi pada anak.
Tentunya selain nikmat, makanan yang anda jadikan asupan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jika dikonsumsi secara tepat, maka makanan ini akan menjadi gizi yang baik. Namun jika dikonsumsi berlebihan, maka akan menimbulkan kegemukan. Makanan yang ada ini sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Pemilihan jenis makanan yang tepat akan memberikan gizi seimbang. Namun ternyata makanan yang dikonsumsi juga dapat memicu timbulnya alergi. Hal ini diakibatkan oleh alergen yang terkandung pada makanan. Untuk mencegah adanya hal tersebut, maka anda harus mengetahui makanan-makanan yang berpotensi untuk memicu alergi anak. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang dapat memicu adanya alergi pada anak:

Alergi Anak
• Telur
Telur memang merupakan sebuah jenis makanan yang mengandung sumber protein tinggi. Telur juga dapat digunakan sebagai bahan yang dapat diolah menjadi berbagai hidanga lezat yang menggugah selera. Harganya yang terjangkau juga sering dijadikan sebagai alternatif oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Namun tahukah anda bahwa telur yang dikonsumsi ternyata dapat menimbulkan alergi pada anak. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Nah, kandungan protein yang tinggi pada telur dapat memicu terjadinya alergi. Hal ini terjadi karena tubuh anak belum tentu dapat menampung banyak protein dalam waktu bersamaan. Akibatnya tubuh akan mengalami gatal-gatal dan juga ruam merah pada kulit. Namun anda tidak perlu khawatir karena kini sudah tersedia obat-obatan untuk mengatasi alergi tersebut. Jadi jika anak sudah terindikasi alergi karena telur, maka hindarilah jenis makanan tersebut.
• Kacang
Tentunya kacang merupakan sebuah camilan menarik yang dapat menemani segala aktivitas bersantai anda. Kacang juga mengandung banyak kandungan yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Rasanya yang gurih dan juga enak membuat banyak orang menjadi ketagihan untuk terus menyantapnya. Namun ada efek tertentu bagi anak jika terlalu banyak makan kacang. Jika anak tidak cocok untuk memakan kacang, maka akan timbul sebuah alergi. Biasanya setelah memakan sebuah kacang, maka akan terasa gatal yang terasa amat mengganggu di tenggorokan. Hal ini bisa menjadi sebuah indikasi adanya alergi. Maka dari itu jika gejala ini sudah mulai terasa, maka hindarkanlah kacang ini dari jangkauan anak. Jika memang anak sangat menyukai kacang-kacangan, maka gunakanlah kacang kedelai yang memiliki protein nabati dan memiliki efek alergi yang sangt rendah.
• Seafood atau Makanan Laut
Mungkin anda sudah banyak mendengar kasus terkait alergi yang menyerang banyak orang. Dan penyebab dari adanya alergi ini adalah seafood atau jenis makanan yang berasal dari olahan laut. Karena rasa gurih dan tekstur dagingnya yang lembut, maka jenis makanan ini sangat memiliki banyak penggemar. Untuk mengolah dagingnya juga sangat mudah. Namun ceritanya akan sangat lain jika anda memiliki alergi yang dapat dipicu oleh seafood ini. Biasanya makanan yang merupakan hasil olahan laut dapat menyebabkan gatal-gatal pada tubuh. Untuk menghindarkan anak dari gejala alergi tersebut, maka hindakanlah seafood dari si buah hati.
• Susu
Siapa yang tidak suka meminum segelas susu. Selain menyehatkan, susu ini juga sangat baik bagi pertumbuhan anak. Anda pasti akan memberikan asupan yang bergizi. Namun susu yang anda berikan pada si buah hati juga dapat menimbulkan suatu alergi tertentu. Susu yang menimbulkan alergi biasanya adalah susu sapi. Gejala yang ditimbulkan bisa terjadi pada bagian tubuh dan juga menurunnya kesehatan pada anak. Namun anda dapat melakukan sebuah tindak pencegahan dengan memberikan susu kedelai. Dengan demikian, anak anda akan terhindar dari bahaya alergi yang terkandung pada susu sapi.
Itulah tadi beberapa informasi seputar jenis-jenis makanan yang dapat berpotensi memicu adanya alergi anak. Adanya informasi tersebut tentunya dapat menjadi sebuah referensi untuk memilih asupan yang baik bagi anak. Pemilihan makanan dengan kualita terbaik juga dapat menjadi alternatif untuk menghindarkan anak agar tidak terjangkit suatu alergi. Dengan demikian anak akan mendapatkan gizi seimbang dan kebal dari segala hal yang dapat menyebabkan sebuah alergi.

loading...

Add Comment