Bolehkah Makan Pedas Saat Hamil Muda ?

Ada juga yang masih mempertanyakan sebenarnya bolehkah makan pedas saat hamil muda, kali ini saya akan membahas mengenai hal tersebut. Berikut penjelasannya. Ketika hamil adalah saat-saat paing menggembirakan, semua pasti akan sangat berhati-hati menjaga pola hidupnya. Banyak yang tidak boleh dilakukan dan harus dilakukan, ribet tapi hal itu tentu sangat menyenangkan untuk dilakukan. Semua ibu akan makan makanan yang bergizi agar janin didalam kandungan bisa mendapat nutrisi dengan baik. Mereka juga mengurangi kegiatan atau aktivitas-aktivitas berat yang bisa mengganggu kesehatan kandungan.

Jika sebelum hamil ibu suka makan pedas, saat hamil apalagi saat hamil muda harus mengurangi untuk mengkonsumsi makanan pedas. Lebih baik jika sang ibu menghindarinya sama sekali. Hal itu dilakukan agar ibu dan janin sehat sampai nanti lahiran. Karena jika saat hamil ibu makan makanan pedas bisa menimbulkan berbagai masalah seperti berikut.

1. Perut Mulas
Efek yang timbul dari makan makanan pedas pada ibu yang sedang hamil  akan berbeda satu dengan ibu hamil lainnya, terutama ibu yang sedang hamil muda. Ada beberapa orang ibu hamil yang  tidak menimbulkan reaksi apa-apa atau baik-baik saja ada juga yang sakit. Salah satunya yaitu perut terasa mulas dan bahkan bisa menyebakan diare.

2. Diare
Makanan pedas selain menyebabkan perut mulas juga bisa menyebakan diare, hal itu tentu sangat bahaya jika dialami oleh ibu yang sedang hamil. Itu bisa membahayakan ibu dan juga janinnya. Jadi, jika ada yang bertanya bolehkah makan pedas saat hamil muda? Jawabannya adalah lebih baik hindari atau jangan.

Bolehkah Makan Pedas Saat Hamil Muda

Boleh gak ya makan pedas dikala wanita hamil?

3. Menyebabkan Kontraksi
Ketika sedang hamil dan banyak konsumsi makanan yang pedas dengan jumlah btidak sedikit bisa menjadi pemicu  terlepasnya hormone prostaglandin. Dimana Pelepasan hormon prostaglandin ini apalagi dalam jumlah yang tinggi akan mendorong otot – otot halus sehingga terjadilah kontraksi. Tentu hal ini sangat mengganggu sekali, bahkan ada beberapa orang yang salah paham dan mengira hendak melahirkan.

4. Sakit Pada Dinding Lambung
Makan makanan yang Pedas bisa menjadi salah satu penyebab meningkatnya asam lambung didalam tubuh.  Semakin banyak makanan pedas yang kita konsumsi semakin banyak pula asam lambung yang meningkat . Dan bila hal itu sering terjadi akan sangat bahaya sekali bagi kesehatan yaitu  bisa mengiritasi dinding lambung.

5. Menyebabkan Maag
Jika dari awal kita memiliki keluhan dengan penyakit mag, kalian harus menghindari makan makanan yang pedas. Penyakit mag itu sangat bahaya karena juga memilki tingkatannya, jika yang sudah parah itu dinamakan mag akut. Orang yang punya sakit mag akut, lebih baik menhindari makan makanan yang pedas apalgi dalam jumlah yang banyak.
Sebaiknya anda baca juga :

6. Efek Pada Gastrointestinal
Saat kita memakan makanan yang pedas apalagi dalam jumlah yang tidak sedikit, sistem gastrointestinal kita akan terasa panas. Saat mulut dan juga perut kita merasakan rasa pedas, ternyata  sebenarnya kedua bagian dari sistem pencernaan ini tidak benar – benar merasakan rasa yang pedas. Ternyata capsaicin yang terdapat pada makanan yang pedas inilah mengaktifkan zat P yang menyebabkan sensasi pedas dan seakan terbakar.

7. Menyebabkan Lidah Mati Rasa
Jika kita memakan makan pedas dalam jumlah yang banyak dan dengan level yang tinggi, ternyata itu bisa mengakibatkan kemungkinan mati rasa pada lidah kita. Kondisi lidah mati rasa ini dapat mencapai beberapa hari  bila kita belum terbiasa terhadap tingkatan pedas tersebut.

Sebenarnya bolehkah makan makanan pedas saat hamil muda itu tergantung masing-masing ibu. Karena ada yang menimbulkan gejala ada juga yang tidak menimbulkan gejala sama sekali. Tetapi alangkah baiknya jika sementara menghindari makanan yang pedas terlebih dahulu selama hamil.

loading...

Add Comment