Bolehkah Makan Durian Saat Hamil Muda Walaupun Sedikit ?

Saat hamil asupan makanan memang sangatlah penting, karena pada saat itu calon ibu tidak hanya memberikan nutrisi kepada dirinya sendiri tetapi juga untuk janin. Calon ibu harus pandai dan selektif dalam memilih makanan yang aman dan tentunya yang mengandung gizi dan nutrisi yang bagus. Makan buah adalah pilihan yang sangat tepat. Selain bagus untuk kesehatan, makan buah juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Banyak vitamin dan nutrisi didalam buah, tetapi tidak semua buah baik dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Salah satunya adalah durian, banyak sekali yang bertanya sebenarnya bolehkah makan durian saat hamil muda, kali ini saya akan membahas mengenai makan durian saat hamil muda. Berikut penjelasannya!

Bolehkah makan durian saat hamil muda

Boleh gak ya makan durian pas hamil?

Buah durian memang sangatlah lezat dan mengandung banyak sekali gizi, tetapi bagi ibu hamil dilarang terlalu benyak mengkonsumsi buah yang satu ini. Hal ini disebabkan karena kandungan yang terdapat pada buah durian.  Buah durian mengandung glukosa, kalori, senyawa asam arachidona yang sangat tinggi, selain itu durian juga mengandung alkohol dan kolesterol. Dan kandungan alkohol didalam durian itu sangat dilarang jika dikonsumsi wanita yang sedang hamil karena bisa menimbulkan efek yang negatif, bahaya alkohol dalam durian sama dengan alkohol yang terdapat pada minuman.

Setelah kita membahas mengenai kandungan yang terdapat pada durian, sekarang kita akan membahas mengenai bahaya durian jika dikonsumsi oleh ibu hamil apalagi ibu yang lagi hamil muda. Dengan demikian akan segera terjawab pertanyaan banyak orang mengenai bolehkah makan durian saat hamil muda. Berikut bahaya durian bagi ibu hami!

1. Bayi Prematur
Calon ibu tidak ingin jika anaknya lahir sebelum waktunya atau biasa disebut dengan bayi prematur. Karena bayi yang lahir secara prematur tidak bisa disepelekan, jika tidak ditangani dengan tepat bayi bisa saja meninggal. Selain peluang hidupnya yang sedikit bayi prematur juga bisa menimbulkan masalah komplikasi atau berbagai macam penyakit bahaya, seperti jantung, paru-paru dan penyakit bahaya lainnya.  Oleh sebab itu, ada baiknya jika ibu hamil mengurangi atau bahkan lebih baik menghindarinya sama sekali sementara saat masih hamil, demi kesehatan ibu dan calon buah hati.

2. Keguguran
Saat ibu sedang hamil dilarang untuk mengkonsumsi buah durian apalagi dalam jumlah yang tidak sedikit karena hal ini bisa menyebabkan  efek yang sangat bahaya bagi kandungan ibu. Kandungan alkohol yang sangat tinggi di dalam durian bisa memicu terjadinya keguguran. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas kandungan alkohol di dalam durian sama saja dengan alkohol yang terkandung dalam minuman.

3. Kontraksi
Asam arachidona yang terdapat pada durian bisa menyebabkan kontraksi saat ibu sedang hamil. Senyawa inilah yang merangsang pembentukan prostaglandin, sehingga perut ibut akan kontraksi dan mengira kalau sudah akan melahirkan. Tentu hal ini sangat bahaya sekali.

4. Cacat Janin
Ternyata kandungan alkohol yang terdapat pada durian jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan janin cacat sejak dalam kandungan. Kandungan alkohol yang sangat tinggi bisa memicu kerusakan organ-organ penting janin.  Jika hal itu terjadi tentu janin akan lahir secara cacat, karena pertumbuhan organ-organ pentingnya tidak maksimal. Semua ibu pasti tidak ingin hal itu terjadi.oleh sebab itu,lebih baik dihindari untuk memakan durian selagi hamil.

Selain diatas masih banyak sekali penyakit yang ditimbulkan akibat makan durian yang berlebihan, seperti hypertensi, kolesterol, diabetes, bayi dengan berat badan yang berlebih dan masih banyak penyakit bahaya lainnya. Jadi terjawab sudah pertanyaan mengenai bolehkan makan durian saat hamil muda, jawabannya adalah sangat dilarang. Apalagi makan buah durian dalam jumlah yang tidak sedikit tapi yang berlebihan. Sebaiknya anda baca juga : Pantangan Ibu Hamil Muda

loading...

Add Comment